JAMU HERBAL BERMANFAAT UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN

Pekanbaru(infobidannia), Jamu merupakan salah satu warisan dari nenek moyang Indonesia dimana jamu  merupakan  obat  alternatif  yang  terbuat  dari  tumbuh-tumbuhan  yang berkhasiat terhadap kesehatan maupun kecantikan. Jamu sudah dikenal sudah berabad-abad  di  Indonesia  yang  mana  pertama  kali  jamu  dikenal  dalam lingkungan Istana atau keraton yaitu Kesultanan di Djogjakarta dan Kasunanan di Surakarta. Zaman dahulu resep jamu hanya dikenal dikalangan keraton dan tidak diperbolehkan keluar dari keraton. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman,orang-orang lingkungan keraton sendiri yang sudah modern, mereka mulai mengajarkan meracik jamu kepada masyarakat diluar keraton sehingga jamu berkembang sampai saat ini tidak saja hanya di Indonesia tetapi sampai ke luar negeri.Bagi  masyarakat  Indonesia,  Jamu  adalah  resep  turun  temurun  dari leluhurnya agar dapat dipertahankan dan dikembangkan.

Bahan-bahan jamu sendiri diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia baik itu dari akar,daun, buah, bunga, maupun kulit kayu. Sejak dahulu kala, Indonesia telah dikenalakan  kekayaannya,  tanah  yang  subur  dengan  hamparan  bermacam-macam tumbuhan yang luas. Tanah yang subur dengan kekayaan tanaman sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia karena mereka bergantung darialam  dalam  usahanya  untuk  memenuhi  bermacam-macam  kebutuhan.Pengolahan  tanah,  pemungutan  hasil  panen,  proses  alam  tidak  hanya menghasilkan  makanan,  tetapi  juga  berbagai  produk  yang  berguna  untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.  Leluhur kita menggunakan resep yang terbuat dari daun, akar dan umbi-umbian untuk mendapatkan kesehatan dan menyembuhkan  berbagai  penyakit,  serta  persiapan-persiapan  lain  yang menyediakan perawatan kecantikan muka dan tubuh yang lengkap. Campuran tanaman obat traditional ini di kenal sebagai JAMU. Dimana Indonesia dikenalsebagai Negara nomor 2 dengan tanaman obat tradisional setelah Brazilia.

Jamu dapat dibedakan atas 2 golongan, yaitu:

1) Jamu sebagai penyedap dengan bahan baku atau simplisia yangbelum distandardisasikan dan belum pernah diteliti.  Bentuk sediaannya masih sederhana, yaitu berwujud serbuk seduhan, rajangan untuk seduhan,dan sebagainya. Istilah kegunaan masih sepenuhnya memakai pengertian tradisional, seperti galian singset, sekalor, pegal linu, tolak angin, dansebagainya.

2) Fitoterapi adalah simplisia yang telah mendapat standardisasi dantelah  dilakukan  penelitian  alas  sediaan  galeniknya.  Indikasi  sudah menggunakan istilah farmakologi, seperti diuretika, obstipansia, kolagoga,dan sebagainya. Khasiatnya dapat diandalkan sesuai dengan basil penelitian yang sudah dikerjakan.  Dengan adanya obat kelompok  fitoterapi  ini,diharapkan obat-obat dari alam secara bertahap dapat dimanfaatkan dalam sistem pelayanan kesehatan formal.

Bahan Jamu

Jamu terbuat dari herbal atau tanaman obat. Umumnya, jamu terbuat dari akar, rimpang (modifikasi batang yang menjalar di tanah), dedaunan, atau buah.

Biasanya, orang-orang juga mencampurkan beberapa bahan dari hewan pada ramuan jamu. Hal ini dipercaya akan membuat khasiat jamu semakin meningkat. Bahan-bahan tambahan yang biasa dipergunakan adalah telur atau empedu kambing.

Jamu pada umumnya memiliki rasa pahit dan tidak enak. Tak heran, jika banyak juga orang yang tidak menyukai minuman ini, meskipun sudah tahu tentang khasiat jamu.

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka pahit, jangan takut dulu. Karena Anda bisa mencampurkan satu bahan lagi untuk membuat jamu terasa lebih manis dan enak, yaitu madu.

Jamu herbal semakin banyak diminati oleh masyarakat karena khasiatnya yang luar biasa. Tidak adanya efek samping dari penggunaan jamu herbal ini adalah alasan utamanya. Oleh karena itu, sudah tidak aneh lagi kalau jamu herbal ini diburu masyarakat luas. Selain itu, jamu herbal ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang ringan seperti penyakit kulit sampai yang berat seperti jantung dan kolestrol. Jika anda adalah orang yang sedang mencari obat untuk menyembuhkan suatu penyakit, atau hanya sekedar menjaga kebugaran dankesehatan diri, jangan ragu untuk memilih jamu herbal.Minum  jamu  berkhasiat  untuk  mencegah  penyakit,  meningkatkan kesehatan, mengobati, dan mempercantik tubuh.

Manfaat jamu untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan sudah mendapat banyak bukti ilmiah. Jamu dari  kacang  kedelai,  misalnya,  baik  untuk  mencegah  masalah  menopause,kardiovaskular, dan osteoporosis. Ini karena jamu tersebut kaya akan isoflavon.Sementara itu, pegagan dalam sediaan kosmetik dapat membantu regenerasi sel kulit karena kandungan triterpenoidnya.Dalam  bukunya,  Healthy  Lifestyle  with  Jamu,  Dr  Martha  Tilaar mengemukakan bahwa jamu diperlukan dalam siklus kehidupan. Mulai dari bayidan anak-anak, remaja, dewasa, dan mereka yang berusia lanjut. Khusus ramuan jamu untuk kesehatan kulit.

Kandungan Jamu

Kandungan jamu sangat beragam, tergantung dari jenis bahan yang dipakai. Secara keseluruhan, jamu mengandung zat kurkumin, yaitu suatu zat yang bisa berguna sebagai antioksidan yang menurunkan risiko terkena kanker.

Selain itu, jamu juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan beberapa mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor.

Khasiat Jamu Berdasarkan MacamnyaAda banyak macam jamu yang bisa menunjang kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa contohnya:* Jamu kunyit asamMinuman ini termasuk sangat menyegarkan, bahkan sekarang jamu kunyit asem sudah diproduksi oleh pabrik sebagai minuman alternatif kesehatan. Khasiat jamu yang satu ini adalah menyegarkan tubuh, menghindari sariawan atau panas dalam, dan melancarkan haid bagi wanita.* Jamu beras kencurKhasiat jamu beras kencur adalah menambah nafsu makan dan menyegarkan badan. Banyak yang mengatakan bahwa meminum jamu beras kencur bisa menghindari linu-linu (pegal) di tubuh, sehingga badan selalu bugar.* Jamu temulawakJamu jenis ini baik diminum oleh penderita penyakit hati (hepatitis) karena memiliki efek hepatoprotektor, yaitu efek untuk mencegah penyakit hati. Temulawak juga bisa menurunkan kolesterol maupun menghilangkan pegal linu pada tubuh.

* Jamu sambiloto

Biasa juga disebut sebagai jamu pahitan. Seperti namanya, jamu ini terbuat dari daun sambiloto (kadang dicampur dengan dedaunan lain, misalnya brotowali).

Khasiat jamu yang rasanya sangat pahit ini adalah mengatasi kencing manis, membersihkan darah kotor yang bisa menyebabkan penyakit kulit (gatal-gatal atau jerawat). Selain itu, sambiloto juga mampu menurunkan kolesterol dan menghilangkan bau badan tak sedap.

* Jamu cabe puyang

Jamu ini biasanya disebut juga sebagai jamu pegal linu, karena khasiatnya yang paling umum adalah untuk mengatasi rasa pegal linu di tubuh. Khasiat lainnya adalah mengatasi kesemutan dan menyembuhkan demam atau tubuh yang meriang.

* Jamu sinom

Jamu yang satu ini tidak murni menggunakan bahan daun sinom (daun asam jawa). Biasanya jamu ini berbahan kunyit asam dan ditambahkan daun sinom. Khasiatnya sama seperti jamu kunyit asam, yaitu untuk menyegarkan tubuh, menghindari sariawan dan panas dalam, maupun melancarkan datang bulan.

* Jamu kunci suruh

Khasiat jamu yang satu ini sangat baik untuk perempuan. Dengan minum jamu kunci suruh secara rutin, beberapa problem perempuan bisa diatasi. Misalnya, keputihan, mengatasi bau badan tak sedap, menjaga kerapatan dan kualitas daerah intim wanita.

* Jamu kudu laos

Jamu ini terbuat dari mengkudu dan laos sebagai bahan utamanya. Khasiatnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan peredaran darah, menurunkan risiko terkena kanker, melancarkan datang bulan, dan menambah nafsu makan.

* Jamu gepyokan

Gepyokan berasal dari istilah Jawa (digepyok atau dipukul-pukulkan). Jamu ini terbuat dari berbagai jenis bahan yang digepyok atau dipukul-pukul, lalu dihancurkan menjadi satu. Bahan-bahannya bisa terdiri dari kunyit, kencur, temulawak, laos, dan jahe.

Khasiat jamu campur-campur ini utamanya adalah untuk menghilangkan bau badan dan melancarkan air susu ibu.

Mengkonsumsi Jamu Secara Sehat
Jamu memang merupakan obat hampir tidak menimbulkan efek sampingbagi tubuh, tetapi ada beberapa sebab yang menimbulkan efek samping yangdialami pasien dan masyarakat antara lain:
a. Salah mengolah
b. Perkembangan  industri  jamu  menyebabkan  ada  produsen  yangmenambahkan  bahan-bahan kimia kedalam produknya seperti bahanpewarna, pengawet bahkan obat-obatan kimia.
c. Over dosis.
d. Terlalu cepat menggantikan obat medis dengan herbal.
e. Terlalu cepat ingin sembuh, semua obat diminum.
f. Tidak mau pantang makanan pemicu.
Cara paling bijak bila mengkonsumsi jamu atau obat herbal,
Bila merasakan ada hal yang negatif segera hentikan dulu untuk sementara lalu konsultasikan kepada ahlinya atau yang menjual produknya. Selain itu bisadilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Minum banyak air putih.
2. Minum susu dan tambahkan jahe.
3. Banyak konsumsi jus buah atau jus sayur.
4. Minum air kelapa hijau bila ada.
5. Minum air teh pahit bila diare.
6. Gunakan herbal daun dewa, pegagan dan ashitaba untuk menetralisir efek negatif.
7. Segera minum air gula atau makan permen bila kadar gula darah tiba-tibadrop.
Jamu  sebaiknya  tidak  dikonsumsi jangka panjang,  terutama  apabilamanfaat dan efek sampingnya belum diteliti melalui penelitian ilmiah. Pemakaian jangka panjang dapat memperberat kerja hati dan ginjal, dan tidak bisa dipastikan efek  sampingnya  karena  belum  diketahui  dengan  pasti. Oleh  karena  itu bijaksanalah dalam mengkonsumsi jamu, apa lagi dalam jangka waktu yang lama.
Sumber: Makalah Taupik Rahman dan Moslemmarket.com

About sitimaulidaniah

we thanks for share for everyone whos care about midwifery

Posted on 25 November 2011, in Info Cantik Wanita. Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Salam kenal dari Padmita HoB, mbak Nia…
    Artikel jamu nya sangat menarik lho…
    Izin ngeshare artikelnya ini di blog kami, boleh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: