Pekanbaru (infobidannia), Stress adalah suatu keadaan dimana hampir setiap orang pasti mengalaminya.keadaan ini bisa saja terjadi karena adanya masalah yang dihadapi.
Stress bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti masalah pekerjaan atau keluarga. Cari tahu segera solusinya agar stres tidak mengganggu kesehatan Anda.

Ada beberapa penelitian para ahli tentang stress
1. Para dokter melaporkan bahwa hingga 90% dari semua keluhan pasien yang datang kepada mereka berhubungan dengan stres.

2. Sains menunjukkan bahwa ketika mengalami stres, tubuh mengeluarkan hormon-hormon tertentu yang mempengaruhi berbagai organ dalam tubuh. Dalam jangka waktu yang lama, organ tubuh akan dilemahkan sehingga membuatnya mudah terserang penyakit. ,

Beberapa cara Stress Mempengaruhi Tubuh
a. Dampak bagi Jantung dan paru
Stres terkait dengan penyakit jantung dan hipertensi. Dada nyeri dan jantung berdebar tidak hanya terkait dengan kolesterol, tetapi juga terhadap stres. Sama seperti penderita asma, stres dapat membuat sulit bernapas. Praktikkan latihan pernapasan untuk melawan efek stres pada jantung dan paru-paru.

Pada saat stres maka adrenalin dalam tubuh dipacu berproduksi sehingga mengakibatkan denyut jantung akan berpacu lebih cepat dan lebih keras sehingga menimbulkan jantung yang berdebar-debar. Beberapa hormon stres mengakibatkan mengerutnya pembuluh darah hingga menimbulkan tekanan darah tinggi.

b. Dampak bagi Sistem Pernafasan

Stres dapat menimbulkan pernapasan yang pendek dan cepat.

c. Dampak bagi Saluran pencernaan
Perut Anda bukan seorang pengamat yang diam saja. Perut bisa jadi bersinggungan dengan efek stres yang Anda rasakan, usus menjadi sensitif dan dapat menimbulkan mual. Ini semua adalah manifestasi dan reaksi terhadap stres. Beberapa masalah kesehatan pencernaann seperti sembelit dan diare juga cukup umum saat stres.

Stress dapat mengakibatkan pengalihan aliran darah dari perut sehingga menimbulkan masalah pencernaan. Maka akibat dari rasa takut, khawatir dan perasan gusar ada hubungannya dengan gangguan perut atau pencernaan.

d. Dampak bagi Kadar Glukosa darah

Stres dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Pada beberapa orang akan dapat menimbulkan diabetes.

e. Dampak bagi pola istirahat

Stres memiliki dampak negatif terhadap pola tidur sehingga akan memiliki dampak negatif bagi kesehatan secara keseluruhan.

f. Dampak bagi Sistem Kekebalan tubuh 

Stres juga memiliki dampak yang negatif terhadap sistem kekebalan tubuh yang merupakan benteng terdepan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit.
g. Dampak bagi Organ reproduksi
Wanita rentan terhadap gangguan menstruasi dan infeksi Miss V yang sering kambuh, sementara impotensi dan ejakulasi dini adalah masalah umum para pria. Semua isu-isu ini terkait dengan stres. Sementara masalah ketidakseimbangan hormonal dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup yang buruk, kadang-kadang juga bisa dipicu oleh manajemen stres yang buruk. Dalam jangka panjang, masalah tersebut dapat memengaruhi kesempatan Anda untuk hamil.

h. Dampak bagi Kulit
Ini adalah fakta yang kurang dikenal, tetapi stres juga dapat mengakibatkan kulit berhubungan dengan penyakit seperti eksim dan psoriasis. Selain itu, keringat, ruam, gatal, dan infeksi juga dihubungkan dengan peningkatan tingkat kecemasan. Semakin Anda berbagi kegelisahan dan ketegangan dengan orang lain, semakin Anda dapat kurangi stres.

Sangat banyak dampak negatif stress terhadap tubuh. Daftar pengaruh stress akan bertambah panjang, tetapi yang terpenting adalah stress memiliki dampak yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Belajar Menangani Stres dengan Benar
1. Belajarlah untuk tetap tenang saat menghadapi sebuah masalah

2. Biasakan diri anda untuk tidak memendam masalah yang sedang dihadapi
3. Mintalah bantuan orang terdekat atau keluarga yang anda anggap bisa mengurangi dan membantu anda dalam menghadapi masalah tersebut
4. Jangan mencoba untuk menghindari masalah yang sedang anda hadapi dengan membiarkannya berlarut-larut
5. Tetap semangat karena setiap permasalahan yang kita hadapi, pasti ada jalan keluar yang terbaik.
Sumber: okehealth dan dailyinspiration


 

About sitimaulidaniah

we thanks for share for everyone whos care about midwifery

Posted on 4 Maret 2012, in Kesehatan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: